Halaman

Translate This Page

Jumat, 04 April 2014

Sistem Terbuka dan Tertutup

Sistem (system) didefinisikan sebagai sesuatu yang diperhatikan atau dipelajari. Daerah di luar sistem disebut lingkungan (surrounding), sedangkan batas antara sistem dan lingkungan disebut batas sistem (system boundary). Sistem dapat dibedakan menjadi sistem tertutup (close system) dan sistem terbuka (open system).
Sistem tertutup atau biasa dikenal sebagai kontrol massa, terdiri dari sejumlah massa dan tidak ada massa yang melewati batas sistem (system boundary). Meskipun tidak ada perpindahan massa yang masuk dan keluar sistem, tetapi panas atau kerja masih dapat keluar-masuk sistem. Apabila terdapat kondisi sistem tertutup yang tidak mengijinkan energi atau panas untuk keluar-masuk sistem, sistem itu disebut sistem terisolasi (isolated system). Contoh dari sistem tertutup adalah piston pada sepeda motor.
sistem tertutup - bisatermodinamika.blogspot.com

Sistem terbuka (open system) atau biasa disebut kontrol volume (control volume) adalah daerah yang dipilih untuk dipelajari, yang masih bisa dialiri oleh massa (baik masuk ataupun keluar). Beberapa contoh dari sistem terbuka adalah nozzle, difuser, water heater, dan lain sebagainya.

sistem terbuka - bisatermodinamika.blogspot.com

sistem terbuka - bisatermodinamika.blogspot.com



1 komentar: