Halaman

Translate This Page

Jumat, 04 April 2014

Sifat - Sifat Sistem Termodinamika

Setiap karakteristik dari sebuah sistem disebut sifat (property). Beberapa sifat yang sering diketahui adalah tekanan (pressure), suhu (temperature), volum (volume), dan massa (mass). Beberapa sifat tersebut dapat diturunkan menjadi beberapa sifat lain, yaitu viskositas, konduktivitas termal, modulus elastisitas, koefisien ekspansi termal, resistansi elektrik, kecepatan, dan elevasi.
Sifat-sifat dari sistem dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu intensif (intensive) dan ekstensif (extensive). Sifat intensif adalah sifat dari sistem yang bergantung pada massa, seperti : suhu, tekanan dan rapat massa (density). Sifat ekstensif adalah sifat sistem yang tidak –hanya- bergantung pada massa, tapi bergantung pada ukuran sistem. Total massa, total momentum, total volume adalah beberapa contoh dari sifat ekstensif. Cara mudah untuk menentukan sebuah sifat sistem termasuk intensif atau ekstensif adalah dengan membagi sistem kedalam beberapa bagian, apabila sifat itu berubah nilainya, maka sifat itu termasuk ke dalam sifat intensif. Sedangkan apabila nilai dari sifat itu berubah, maka sifat itu termasuk ke dalam sifat ekstensif.



Sifat ekstensif dari sistem, apabila dibagi dengan massa dari sistem itu, maka hasil pembagian itu disebuat sifat spesifik. Contoh dari sifat spesifik adalah volume spesifik (specific volume) dan total energi spesifik (specific total energy). 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. apakah usaha termasuk sifat sistem ?
    bagaimana cara menentukannya ?

    BalasHapus